Definisi
Kreatinin merupakan hasil dari pemecahan senyawa creatine phosphate di otot dan dipengaruhi oleh massa otot dan konsumsi protein. Pria cenderung memiliki kadar Kreatinin yang lebih tinggi daripada perempuan, karena pria memiliki massa otot yang lebih besar. Kreatinin disaring dari darah oleh ginjal dan dikeluarkan ke dalam urin, sehingga kadar kreatinin dalam darah, merupakan indikator yang baik untuk fungsi ginjal. Tes ini mengukur jumlah kreatinin dalam darah dan / atau urin Kadar Kreatinin di dalam darah dan urin, dapat digunakan untuk menghitung creatinine clearance, yang setara dengan glomerular fltration rate (GFR)
Glomeruli adalah filter kecil yang ada di ginjal yang berfungsi untuk memfiltrasi produk limbah yang akan dibuang dari darah, dan mencegah hilangnya konstituen penting, termasuk protein dan sel darah.

GFR / eGFR adalah adalah ukuran dari fungsi ginjal yang mengacu pada jumlah darah yang disaring oleh glomeruli per menit, dengan cara mengukur tingkat kreatinin dalam darah dan menggunakan hasilnya dalam rumus untuk menghitung angka yang mencerminkan seberapa baik ginjal berfungsi. Jika fungsi ginjal seseorang menurun karena kerusakan atau penyakit, maka eGFR akan menurun, sehingga menyebabkan filtrasi terganggu, sehingga produk-produk limbah akan menumpuk di dalam darah. GFR dikatakan normal, jika hasil GFR > 60 ml/min selama 3 bulan


Sampel
Serum


Syarat sampel
Tidak lisis, tidak lipemik maupun ikterik


Jadwal
Setiap hari


Nilai Rujukan
< 2 bulan : < 1,2 mg/dL
> 2 - 12 bulan : < 0,9 mg/dL
> 1 - 17 tahun : < 1,0 mg/dL
Laki - Laki > 17 tahun : 0,7 - 1,3 mg/dL
Perempuan > 17 tahun : 0,6 - 1,1 mg/dL
eGFR : ≥ 60 ml/min/1,73 m²


Stabilitas Sampel
15 - 25°C : 7 hari
2 - 8°C : 7 hari
(-15) - (-25)°C : 3 bulan


Manfaat
  • Untuk mengevaluasi fungsi ginjal dengan menghitung laju filtrasi glomerulus (eGFR).
  • Bersama dengan tes BUN, untuk mendiagnosa penyakit ginjal;
  • Untuk memantau pengobatan penyakit ginjal
  • Monitoring fungsi ginjal pada penyakit kronis (diabetes, hipertensi)


  • Referensi
  • PDS Patklin 2004
  • Kit insert