Definisi
Prostate Specific Antigen (PSA) adalah protein yang dihasilkan oleh sel prostat untuk mengatur kekentalan (viskositas) cairan semen (sperma). PSA dalam darah ada dalam dua bentuk, yaitu : Complexed PSA/CPSA (terikat dengan protein lain) dan Free PSA (tidak terikat dengan protein lain).
Tes PSA adalah mengukur PSA total dalam darah yang terdiri dari PSA kompleks dan Free PSA. Kadar PSA total dipakai untuk mendapatkan persen (%) Free PSA.
Kadar PSA akan meningkat pada sel prostat yang mengalami keganasan (kanker), seperti peradangan, infeksi, dan pembesaran prostat, sehingga pengukuran konsentrasi PSA berfungsi sebagai penanda tumor (kanker) atau kelainan prostat
Total Prostate Specific Antigen (tPSA) terdiri dari PSA bebas dan PSA kompleks yang bertujuan untuk mengukur kadar protein yang dikeluarkan oleh kelenjar prostat. Kadar yang tinggi merupakan indikasi adanya kanker prostat, peningkatan ringan juga dapat disebabkan oleh pembesaran prostat, infeksi atau setelah melakukan sexual. Hasil PSA Total yang normal tidak menyingkirkan adanya indikasi kanker prostat.


Sampel
Serum


Syarat sampel
Tidak lisis, tidak lipemik, tidak ikterik


Jadwal
setiap hari


Nilai Rujukan
<= 4,0 ng/mL


Stabilitas Sampel
  • 2 - 10 °C
  • : 14 hari


    Manfaat
    Untuk membantu mendeteksi dini kanker atau kelainan prostat.


    Referensi
    Kit insert