Stress yang berlebihan dapat menyebabkan berbagai gejala fisik dan mental, antara lain : rasa lekas marah, palpitasi, insomnia yang mempengaruhi kesehatan fisik dan emosional.

Stress adalah suatu respon tubuh seseorang terhadap setiap tuntutan kebutuhan dirinya, yang mengakibatkan terjadinya ketidakseimbangan fisiologis maupun psikologis terhadap individu tersebut. Stress dapat mempengaruhi semua organ tubuh kita melalui aktivasi sistem saraf simpatis. Oleh karena itu diperlukan manajemen stress untuk menghilangkan stress demi menjaga kebugaran dan kesehatan yang optimal.

Berikut cara memanajemen stress agar anda tetap sehat dan bugar :

  1. Latihan Pernafasan
    Ketika seseorang sedang mengalami stress, pernafasannya akan menjadi pendek. Bernafas dalam-dalam adalah salah satu cara terbaik untuk mengatasi stress. Pada saat kita mengambil nafas dalam, sejumlah oksigen masuk ke dalam tubuh, yang akan membantu dalam membuat otot-otot tubuh menjadi rileks dan menenangkan pikiran.
  2. Diet Sehat
    Diet seimbang sangat penting untuk menjaga kesehatan dan membantu untuk mengelola stress. Makan makanan yang sehat dan bergizi adalah cara yang baik untuk memulai hari anda dan menjaga tingkat energy sepanjang hari. Menghindari minuman berkafein (kopi, teh) akan membuat anda merasa lebih santai dan tenang.
  3. Hobi
    Lakukan hobi atau hal-hal yang menyenangkan, karena hobi membuat anda rileks dan sejenak melupakan rutinitas atau masalah yang ada.
  4. Tidur & Istirahat
    Tidur merupakan salah satu terapi untuk mengurangi kemarahan, kesedihan, karena tidur memberi kesempatan pada otak untuk relaks.Sangat penting untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik dan cukup setiap hari agar tetap memiliki energy yang cukup sepanjang hari.
  5. Berfikir Positif
    Cerminan dari tindakan positif berasal dari pikiran positif, tindakan negatif berasal dari pikiran negatif. Tidak ada orang yang berhasil dalam hidupnya kalau selalu berfikiran negatif baik pada diri sendiri maupun orang lain.
  6. Murah Senyum
    Tertawa lepas, bersenandung/ bernyanyi dan bersosialisasi dengan teman/lingkungan (perlu teman curhat, tidak memendam masalah sendiri) dapat menenangkan dan merilekskan pikiran Anda sehingga dapat membantu untuk menghilangkan stress.
  7. Jangan Terpaku Rutinitas
    Harus berani berubah, tidak malu dan ragu, sebagai contoh:merubah penampilan yang secara psikologis hal ini menambah semangat baru.
  8. Beribadah/Berdoa
    Tidak hanya pada masa sulit saja, berbuat baik pada semua orang, selalu bersyukur dengan apa yang kita miliki.
  9. Yoga
    Yoga yaitu meditasi yang dilakukan menggunakan gerakan dengan mengontrol pola nafas dalam tiap gerakan sehingga dapat memberi efek pada tubuh. Yoga mempunyai banyak fungsi yaitu dapat menurunkan berat badan,mengurangi/menghilangkan stres,menambah kebugaran tubuh dll.
  10. Olahraga Rutin
    Usahakan olahraga minimal 2-3 kali dalam seminggu..Olahraga dapat mengurangi bahkan dapat menghilangkan stress, serta dapat menambah kebugaran tubuh. Gerak tubuh akan merangsang keluar zat ”endorphine” yaitu zat yang membuat tubuh merasa nyaman. Anda dapat melakukan olehraga apa saja. Dengan berolahraga teratur, peredaran darah dari jantung ke otak dan seluruh tubuh menjadi lancar, sehingga otak dan tubuh kita menjadi bugar. Orang yang senang berolahraga umumnya tampak lebih fit dan bahagia.
  11. Meditasi
    Meditasi adalah praktik relaksasi yang melibatkan pelepasan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, maupun mencemaskan dalam hidup kita sehari-hari. Teknik meditasi ini mudah dilakukan dimana mana yaitu pertama kita duduk bersila dengan badan tegap lalu pejamkan mata secara pelan-pelan setelah itu atur nafas (nafas yang di hirup lamanya harus sama dengan yang dikeluarkan maksudnya jika kita menghirup udara dengan pelan2 selama 10 detik, harus segitu pula yang kita keluarkan) terus masuk kealam bawah sadar anda sampai mencapai ketenangan.
Share on FacebookEmail this to someoneShare on Google+Tweet about this on TwitterPrint this page
168 views

2017 © Copyright

For emergency cases        +62 31 502 0552