Sering pasien datang ke dokter dengan keluhan khawatir sakit liver (hati) karena hasil pemeriksaan SGOT dan SGPT yang lebih tinggi dari nilai normal (misal : hasil SGOT 80 U/L dan SGPT 120 U/L). Peningkatan SGOT-SGPT bukan hanya karena sakit liver, tetapi dapat dijumpai pada orang gemuk, pasien dengan peningkatan kadar lemak darah (“Fatty Liver”), pasien dengan batu empedu dan pada penyakit yang disertai demam (“Non-specific Reactive Hepatitis”).

Bila peningkatan kadar SGOT tidak melebihi SGPT, bukan suatu keadaan yang serius. Tetapi bila kadar SGOT lebih tinggi dari SGPT, perlu diwaspadai suatu penyakit hati (liver) kronis.

Penyakit yang terjadi pada hati dapat digolongkan dalam 4 kelompok, yaitu : HEPATITIS AKUT (paling sering karena Hepatitis A dan dapat sembuh sempurna); HEPATITIS KRONIS (paling banyak disebabkan oleh virus Hepatitis B dan C); SIROSIS HATI (masih bisa dipertahankan dengan transplantasi); dan yang paling berat adalah KANKER LIVER (sulit dipertahankan kecuali diketahui pada stadium dini, dan transplantasi hati). Sirosis hati dan kanker hati paling sering disebabkan oleh virus Hepatitis B dan C.

Penyakit hati bisa tanpa gejala; tetapi dapat juga timbul gejala umum seperti : perut sebah, mual, muntah, nyeri perut kanan atas. Perhatikan adanya TANDA KEGAGALAN HATI (Mata dan kulit berwarna kuning, bintik merah di dada / spider nevi, pembesaran payudara pada laki-laki / ginekomastia, pembesaran hati, kaki bengkak) dan TANDA HIPERTENSI PORTAL (asites / penumpukan cairan di rongga perut, pembesaran limpa, varises di kerongkongan). Tidak semua penyakit hati memberi gejala seperti tersebut di atas, tergantung dari stadium penyakit hatinya.

Tidak perlu khawatir jika SGOT-SGPT Anda tinggi, karena belum tentu Hati/Liver Anda sakit. Sayangi hati Anda dengan melakukan pemeriksaan Panel Hati Parahita di cabang Parahita Diagnostic Center terdekat untuk mengetahui kondisi hati Anda.

Share on FacebookEmail this to someoneShare on Google+Tweet about this on TwitterPrint this page
553 views

2017 © Copyright

For emergency cases        +62 31 502 0552