Anda sering merasa lemas dan mudah lelah? Sulit konsentrasi? Hati-hati, mungkin anda mengalami gejala anemia (kurang darah). Anemia merupakan masalah kesehatan yang sering dijumpai pada masyarakat Indonesia. Seseorang dikatakan anemia apabila kadar Hemoglobinnya < 13,5 (untuk laki-laki) dan < 11,5 (untuk perempuan).

Ada 4 jenis anemia yang banyak dijumpai sehari-hari yaitu : Anemia Kekurangan zat besi, Anemia Hemolitik Autoimun, Anemia pada penyakit kronis, Thalassemia dan Hemoglobinopati. Apabila Anda mengidap anemia, jangan terburu-buru memberikan preparat besi. Tindakan ini sangat tidak bijaksana, bahkan sering merugikan karena hanya bermanfaat untuk penderita anemia yang disebabkan karena kekurangan zat besi. Oleh karena itu, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan Panel Anemia Parahita terlebih dahulu, agar bisa menentukan apakah benar Anda mengidap anemia, dan apa penyebabnya. Tanpa mengetahui penyebabnya, pengobatan anemia tidak akan tuntas.

Panel Anemia Parahita terdiri dari : pemeriksaan Hematologi Lengkap, Hapusan Darah Tepi, Urine Lengkap, Bilirubin Total/Direk, Serum Iron, TIBC, Saturasi Transferin, Ferritin, Analisa Hemoglobin HPLC (High Performance Liquid Chromatography) dan Coombs test. Pemeriksaan Hematologi Lengkap bermanfaat untuk menentukan bahwa Anda benar-benar menderita anemia. Pemeriksaan Bilirubin untuk menentukan adanya anemia hemolitik apabila nilai Bilirubin Indireknya meningkat. Pemeriksaan profil besi (Serum Iron, TIBC, Saturasi Transferin, Ferritin) penting untuk memastikan adanya anemia karena kekurangan zat besi. Pemeriksaan Analisa Hemoglobin penting dilakukan untuk memastikan adanya penyakit thalassemia dan hemoglobinopati. Pemeriksaan Coombs test dilakukan untuk memastikan adanya anemia hemolitik autoimun.

Apabila Anda telah melakukan pemeriksaan Panel Anemia Parahita, dan Anda benar mengidap anemia serta mengetahui penyebabnya, maka dokter dapat memberikan pengobatan anemia yang tepat sesuai penyebabnya.

Anda anemia, tahu penyebabnya dan tepat pengobatannya. Anemia hilang, Anda menjadi bugar dan Bye-bye anemia.

Share on FacebookEmail this to someoneShare on Google+Tweet about this on TwitterPrint this page
312 views

2017 © Copyright

For emergency cases        +62 31 502 0552