WASPADA DEMAM BERDARAH

Kecemasan orangtua semakin luar biasa, bila saat ini anaknya mengalami demam apa pun penyebabnya. Demam dapat disebabkan oleh berbagai penyakit, salah satunya yang harus diwaspadai adalah Demam Dengue / Demam Berdarah Dengue.

Demam Dengue / Demam Berdarah Dengue adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Dengue, yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti atau Aedes albopictus. Virus Dengue ini terdiri dari 4 subtipe. Bila seseorang pernah terinfeksi salah satu subtipe, akan timbul kekebalan terhadap subtipe tersebut. Tetapi orang itu masih dapat terinfeksi subtipe lain, yang dapat menjadi bentuk yang fatal (Dengue Shock Syndrome).

Gejala mencurigakan Demam Dengue / Demam Berdarah Dengue antara lain : demam tinggi yang timbul mendadak, nyeri kepala, badan sakit semua (Breakbone fever), mual (epigastric discomfort). Apabila Anda mengalami gejala tersebut, sebaiknya Anda langsung melakukan pemeriksaan PANEL DEMAM PARAHITA (Urine Lengkap, Darah Lengkap, SGOT, SGPT, Dengue NS1, IgM – IgG Anti Dengue, IgM Anti Salmonella typhi, IgM Anti Chikungunya, hs-CRP) untuk mengetahui penyebab demam Anda.

Pemeriksaan Dengue NS1 bermanfaat untuk menegakkan diagnosa Demam Dengue pada hari pertama sampai dengan hari keempat demam. Apabila hasil pemeriksaan PANEL DEMAM  Anda dijumpai penurunan jumlah leukosit (sel darah putih) dan trombosit disertai NS1 positif, berarti Anda mengalami Demam Dengue, yang sebaiknya dirawat di rumah sakit. IgM Anti Dengue mulai positif pada hari kelima demam. Apabila IgM dan IgG Anti Dengue positif, kemungkinan infeksi Dengue yang berulang, yang beresiko menjadi bentuk fatal. Tidak ada obat-obatan khusus untuk demam berdarah. Pasien sebaiknya istirahat, banyak minum (1,5 – 2 L air dalam 24 jam) dan mengkonsumsi parasetamol untuk menurunkan demam. Penambahan cairan tubuh melalui infus mungkin diperlukan untuk mencegah dehidrasi. Segera ke dokter jika ada anggota keluarga Anda mengalami demam. Jangan biarkan demam terlalu lama agar tidak terlambat penanganannya.

Hal yang terbaik adalah mencegah agar tidak ada anggota keluarga yang terkena Demam Dengue / Demam Berdarah Dengue. Tindakan pencegahan yang dapat dilakukan antara lain :

  1. Mencegah perkembangbiakan nyamuk dengan gerakan 3 M (Menutup tempat penyimpanan air, Menguras bak mandi dan Mengubur barang-barang yang tidak terpakai). Pemberian bubuk Abate pada selokan dan penampungan air.
  2. Memakai obat / lotion pengusir nyamuk
  3. Jaga daya tahan tubuh dengan konsumsi makanan bergizi seimbang.
Share on FacebookEmail this to someoneShare on Google+Tweet about this on TwitterPrint this page
130 views

2017 © Copyright

For emergency cases        +62 31 502 0552