Displaying Demam.jpg

ANDA GALAU KARENA DEMAM ?

Seseorang dikatakan mengalami demam apabila suhu tubuh > 37,8°C yang biasanya disebabkan oleh adanya infeksi. Ada 2 macam demam yaitu : demam akut dan demam kronis. Penyebab demam akut umumnya adalah infeksi virus, malaria, infeksi saluran kemih, infeksi paru (pneumonia) dan demam tifoid. Saat ini demam tifoid sudah jarang sekali dijumpai.

Apabila Anda mengalami demam yang mendadak, penyebab utamanya adalah infeksi virus. Dan yang harus diwaspadai adalah virus Dengue (penyebab Demam Dengue dan Demam Berdarah Dengue). Oleh karena itu, seyogyanya Anda langsung melakukan pemeriksaan PANEL DEMAM PARAHITA yang terdiri dari : Hematologi Lengkap, Urine Lengkap, SGOT, SGPT, hsCRP, IgM Anti Salmonella typhi, Anti Dengue NS1 Ag, IgM dan IgG Anti Dengue, IgM Anti Chikunguya dan

Apabila hasil pemeriksaan PANEL DEMAM Anda dijumpai leukopenia, trombositopenia disertai NS1 positif, berarti Anda mengalami Demam Dengue, dan seyogyanya dirawat di rumah sakit. Pemeriksaan NS1 bermanfaat untuk diagnosis Demam Dengue pada hari pertama sampai dengan hari keempat demam. Dan IgM Anti Dengue mulai positif pada hari kelima demam. Apabila IgM dan IgG Anti Dengue positif, harus dicurigai kemungkinan infeksi Dengue yang berulang, yang beresiko untuk terjadinya Demam Berdarah Dengue.

Apabila Anda baru datanag dari bepergian dari luar pulau, kemudian Anda mendadak mengalami demam yang bersifat periodic (3-4 hari sekali), patut dicurigai kemungkinan Anda terinfeksi malaria. Diagnosa malaria dapat dikonfirmasi dari pemeriksaan PANEL DEMAM PARAHITA, yaitu dijumpainya parasit malaria pada hapusan darah tepi (kalau diperlukan tetes tebal).

Penderita tifoid saat ini sudah jarang dijumpai. Yang terpenting adalah gejala klinisnya yaitu : demam, tampak sakit berat, nyeri perut dan kembung serta dijumpai bradikardi relatif (suhu tubuh tinggi tetapi denyut nadi tidak meningkat). Diagnosis demam tifoid ditunjang dengan pemeriksaan IgM Anti Salmonella typhi yang positif dengan skor > 4. Diagnosa demam tifoid dipastikan dengan hasil pemeriksaan Gal kultur positif untuk kuman Salmonella typhi.

Diagnosa Infeksi Saluran Kemih dapat diketahui dari hasil pemeriksaan PANEL DEMAM PARAHITA yaitu : dijumpai leukosituria, bakteriuria, nitrit urine positif dan urine yang bersifat basa. Diagnosa dilanjutkan dengan pemeriksaan kultur urine dan uji sensitivitas untuk menentukan jenis kuman penyebab infeksi dan jenis antibiotik yang sesuai. Dengan mengetahui pasti penyebab demam, maka penatalaksanaan demam akan lebih tepat, dan bisa sembuh tanpa harus rawat inap.

Share on FacebookEmail this to someoneShare on Google+Tweet about this on TwitterPrint this page
215 views

2017 © Copyright

For emergency cases        +62 31 502 0552