Kasih sayang merupakan suatu rasa sayang di hati yang ditunjukan dengan sikap saling menghormati dan mengasihi sesama manusia. Mencintai dengan hati adalah memberikan kasih sayang pada seseorang dengan tulus ikhlas.

Seseorang yang sedang sakit, akan berpengaruh pada emosi, pikiran, dan hubungan sosialnya. Orang sakit akan mengalami perasaan tertekan, stress, cemas, dan takut. Karena itu, diperlukan dukungan (perhatian) dari orang terdekat dalam proses penyembuhan penyakitnya.

Kasih sayang dapat menyalurkan energi positif bagi orang sakit. Dari berbagai penelitian, ditemukan adanya hubungan kasih sayang dengan penyembuhan penyakit. Kombinasi antara pengobatan medis dengan kehangatan; perhatian dan kasih sayang dari orang terdekat maupun dokter dan perawat, dapat membantu mempercepat proses penyembuhan seorang. Perhatian dan kasih sayang yang diberikan dapat mengurangi kecemasan; meringankan keluhan dan rasa nyeri yang dialami; mempercepat proses penyembuhan luka; bahkan dapat meningkatkan harapan hidup.

Menurut Prof. dr. H. Boediwarsono, Sp.PD-KHOM, PGD. PalMed(ECU), FINASIM, selaku Laboratory Consultant Parahita Diagnostic Center, banyak dokter yang bersikap arogan dan gengsi untuk dekat dengan pasien. Padahal, pasien mengharapkan dokter dapat menyembuhkannya serta dapat diajak berkonsultasi mengenai penyakitnya.

Para petugas medis (dokter/ perawat) hendaknya memperlakukan pasien secara manusiawi. Dengan ilmu yang dimiliki, para petugas medis hendaknya melayani pasien dengan sepenuh hati serta memiliki rasa empati terhadap keadaan pasien. Dokter hendaknya memegang prinsip low tech high touch (lebih mengutamakan sentuhan manusiawi dan tidak hanya mengandalkan peralatan canggih).

“Keberhasilan pengobatan bukan hanya ditentukan oleh terapi medis yang diberikan dokter. Dukungan dari keluarga serta sikap empati dokter maupun perawat, juga berperan penting. Perhatian dan interaksi secara langsung tidak dapat digantikan dengan teknologi.” Pangkasnya. (Am)

Share on FacebookEmail this to someoneShare on Google+Tweet about this on TwitterPrint this page
314 views

2017 © Copyright

For emergency cases        +62 31 502 0552