TIPS OLAHRAGA UNTUK HIPERTENSI

Olahraga dapat menurunkan tekanan darah tinggi, karena dapat merilekskan

pembuluh – pembuluh darah.

  1. Lakukan Peregangan terlebih dahulu.
    Selalu lakukan warming up dan cooling down, sebelum dan sesu- dah olahraga untuk menaikan dan menurunkan detak jantung secara bertahap.
  2. Mulailah dengan Olahraga Ringan.
    Jika sebelumnya jarang berolahraga, mulailah olahraga ringan dahulu, semisal berjalan kaki selama 15 menit sehari untuk menghindari terjadinya cedera. Tingkatkan intensitasnya setelah beberapa hari.
  3. Lakukan Olahraga rutin.
    Lakukan Olahraga rutin selama minimal 30 menit, 3-5 kali seminggu, seperti bersepeda, berenang, jogging, atau senam aerobik untuk mengurangi sirkulasi adrenalin dalam tubuh dan melebarkan pembuluh darah.
  4. Lakukan Kegiatan Sehari – hari.
    Lakukan kegiatan sehari-hari seperti berkebun, membersihkan rumah, naik tangga, bermain dengan anak. Aktivitas ringan seperti ini juga bermanfaat untuk jantung Anda.
  5. Lakukan Relaksasi
    Lakukan relaksasi dengan yoga, karena dengan melakukan yoga dapat merelaksasi pikiran dan mengelola stres sehingga dapat menurunkan Tekanan Darah.
  6. Seimbangkan Aktivitas
    Lakukan aktivitas fisik sesuai dengan kemampuan dan kondisi tubuh Anda. Segera hentikan aktivitas Anda bila merasa pusing dan nyeri dada, kemudian ke dokter jika perlu.
  7. Hindari Olahraga Berat
    Hindari Olahraga bersifat kompetisi karena memacu emosi sehingga mempercepat tekanan darah. Hindari juga Olahraga yang meningkatkan kekuatan seperi angkat berat karena menyebabkan peningkatan tekanan darah secara mendadak dan melonjak.
Share on FacebookEmail this to someoneShare on Google+Tweet about this on TwitterPrint this page
102 views

2017 © Copyright

For emergency cases        +62 31 502 0552