HOW HEALTHY IS YOUR LIVER ?

Pada saat ini banyak pasien yang khawatir mengidap penyakit liver terutama Hepatitis B dan C. Dan banyak publikasi yang membuat para pasien menjadi risau. Seseorang yang diduga mengidap penyakit hati hanya bisa dibuktikan dengan pemeriksaan laboratorium yang di Parahita Diagnostic Centre dinamakan PANEL HATI PARAHITA.

Penderita dengan penyakit hati belum tentu ada keluhan. Keluhan yang ringan umumnya tidak khas, dan hanya merasa sebah, kurang nyaman di daerah perut terutama bagian kanan atas. Pada penderita yang jelas mengidap penyakit hati, keluhan yang mungkin terjadi adalah : kencing berwarna coklat seperti teh, mata kuning, dan bila berat, bisa terjadi muntah darah, berak darah, perut membuncit dan lama lama kesadaran terganggu. Keluhan yang berat ini sering terjadi pada penderita liver sirosis atau kanker hati.

Secara klinis, terdapat 4 macam penyakit hati : Hepatitis akut, hepatitis kronis, sirosis dan hepatoma. Dan dari segi penyebabnya, bisa oleh karena virus hepatitis A, B, C, D dan E. Untuk menentukan ada tidaknya penyakit hati tersebut di atas, perlu dilakukan pemeriksaan ;laboratorium minimal yang dikenal dengan PANEL HATI PARAHITA

Apabila dari hasil pemeriksaan tersebut, penderitanya masih relatif muda dengan hasil SGOT, SGPT yang sangat tinggi dan kelainan bilirubin direk dan indirek, penderita tersebut didiagnosis sebagai hepatitis akut yang selanjutnya harus dilakukan pemeriksaan PANEL HEPATITIS AKUT PARAHITAuntuk mengetahui penyebab dan pengobatan lebih lanjut.

Apabila hasilnya HBsAg posiif, berarti penderita tersebut terpapar oleh virus hepatitis B, dan selanjutnya dilakukan pemeriksaan PANEL HEPATITIS B PARAHITA untuk memastikan diagnosis dan pengobatan lebih lanjut. Apabila hasil pemeriksaan menunjukkan anti HCV positif, berarti orang tersebut terpapar oleh virus hepatitis C, dan selanjutnya dilakukan pemeriksaan PANEL HEPATITIS C PARAHITA utk memastikan diagnosis dan pengobatan lebih lanjut.

Pemeriksaan protein elektroforesis adalah sangat akurat untuk membuat diagnosis liver sirosis yaitu apabila kadar albumin menurun dan kadar gamma globulin meningkat, ditunjang dengan klinis terdapat tanda tanda kegagalan faal hati dan hipertensi portal. Pemeriksaan yang penting untuk diagnosis kanker liver adalah AFP (Alpha Feto Protein) yang bila nilainya tinggi sekali (>1000 ng) hampir dipastikan bahwa penderita mengidap kanker liver. Utk kepastian diagnosis sirosis dan kanker liver, seyogyanya dilakukan pemeriksaan PANEL SIROSIS PARAHITA dan PANEL KANKER

Share on FacebookEmail this to someoneShare on Google+Tweet about this on TwitterPrint this page
325 views

2017 © Copyright

For emergency cases        +62 31 502 0552