Panel Pemeriksaan Tes Laboratorium Paket Pemeriksaan Elektromedis
No.Nama Pemeriksaan
Deskripsi
1AFPAlpha fetoprotein (AFP) adalah protein yang di hasilkan oleh hati janin dan berhenti di produksi sebelum janin dilahirkan
2ALBUMINBagian dari protein plasma dalam tubuh yang diproduksi di dalam hati.
3ANALISA HbAnalisa Hb merupakan pemeriksaan yang bersifat kuantitatif untuk mengetahui kadar HbA2 dan HbF
4ADIPONEKTINAdiponektin merupakan salah satu protein sekretorik yang bersifat bioaktif, dan secara spesifik dihasilkan oleh jaringan adipose.
5AMILASEEnzim yang dihasilkan oleh pankreas dan disekresi melalui saluran pankreas ke dalam duodenum (usus duabelas jari) untuk membantu mencerna karbohidrat. 
6ANALISA SPERMAAnalisa sperma bertujuan untuk menilai kualitas sperma melalui volume, PH, jumlah, pergerakan dan bentuk dari sperma itu sendiri, serta mendeteksi adanya  faktor lain yang dapat mengganggu kualitas sperma.
7ANTI HBsAntibodi yang timbul sebagai respon tubuh terhadap adanya antigen virus Hepatitis B (HBsAg).
8ANTI HIVAnti HIV bertujuan untuk mendeteksi antibodi terhadap HIV.
9ANTI-HAVAntibodi yang dibentuk tubuh sebagai respon akibat masuknya virus Hepatitis A.
10ANTI HBcAntibodi yang dibentuk oleh tubuh sebagai respon akibat masuknya HBcAg yaitu antigen bagian inti (core) virus Hepatitis B.
11ANTI HbeAntibodi yang dideteksi pada akhir fase akut Hepatitis B yang timbul segera setelah HBeAg menghilang dari peredaran darah
12ANTI HCVAntibodi yang dibentuk tubuh sebagai respon akibat masuknya virus Hepatitis C.
13APO A 1Apo A1 merupakan komponen protein utama yang terdapat dalam High Density Lipoprotein (HDL)atau yang sering disebut dengan lemak baik.
14APO BApo B adalah suatu protein utama dalam partikel lipoprotein yang sangat berperan dalam proses aterosklerosis yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner (PJK).
15APTTPemeriksaan untuk melihat adanya gangguan faktor pembekuan darah pada jalur Intrinsik (faktor XII, XI, IX) dan jalur Bersama (faktor X, V, protrombin dan fibrinogen).
16ASAM FOLATAsam folat merupakan salah satu vitamin B yang di butuhkan tubuh untuk pembentukan sel darah merah, sel darah putih dan trombosit.
17ASAM URATMerupakan sisa metabolisme zat purin
18B-HCG KUANTITATIFPemeriksaan B-HCG kuantitatif bertujuan untuk mengukur kadar hormon Human Chorionic Gonadothropin (HCG). 
19BILIRUBINPigmen berwarna kuning yang ditemukan di empedu.
20BIOMOLEKULER (P C R)Pemeriksaan untuk mengidentifikasi kuman tertentu yang menyebabkan infeksi pada tubuh dengan cara menggandakan rantai DNA/RNA kuman tersebut secara invitro.
21BUNTes ini mengukur jumlah nitrogen urea dalam darah.
22C-PEPTIDEZat (rantai pendek asam amino) yang dihasilkan ketika proinsulin pecah untuk membentuk dua molekul
23Ca 125Cancer Antigen 125 (CA-125) merupakan salah satu penanda kanker ovarium
24Ca 15-3Ca 153 merupakan penanda kanker payudara. Pemeriksaan Ca 153 ini dapat digunakan sebagai sarana skrining, diagnosis dan penentuan stadium kanker payudara
25Ca 19-9Ca 19-9 merupakan penanda kanker pankreas.
26CEACarcinoembryonic antigen (CEA) protein yang dihasilkan oleh sel epitel saluran cerna janin dan berhenti di produksi sebelum janin di lahirkan.
27CHOLINESTERASE (CHE)Cholinesterase (CHE) adalah enzim esterase non spesifik yang disintesis oleh hati.
28CMVPemeriksaan untuk menentukan adanya antibodi atau imunoglobulin karena tubuh menghasilkan antibodi spesifik terhadap infeksi CMV, yaitu immunoglobulin M dan G (IgM dan IgG) CMV.
29CYSTATIN CPemeriksaan Cystatin-C  bermanfaat untuk memperkirakan kecepatan glomerulus dalam menyaring darah melalui nilai Glomerular filtration rate (GFR).
30D-DIMERD-dimer merupakan  produk akhir degenerasi cross-linked fibrin oleh aktivitas plasmin dalam sistem fibrinolitik, yang dihasilkan secara alamiah pada proses penyembuhan luka.
31DARAH SAMARDarah samar dalam faeces biasanya menunjukkan adanya perdarahan gastrointestinal
32EOSINOFILEosinofil merupakan salah satu jenis sel darah putih (leukosit) yang jumlahnya meningkat pada kondisi alergi atau infeksi parasit.
33ERITROSITSel yang diproduksi dalam sumsum tulang sekitar dua juta sel setiap detik dan mengandung hemoglobin 
34FAECES LENGKAPPemeriksaan yang penting terhadap beberapa organisme yang dapat diidentifikasi antara lain : parasit, telur cacing, amuba, cacing pita, cacing tambang dan cacing gelang.
35FERITINCadangan besi digunakan bila tubuh kekurangan besi.
36FIBRINOGENProtein yang diproduksi oleh hati dan berperan penting dalam proses pembekuan darah.
37FOSFATASE ALKALIEnzim yang ditemukan terutama pada sel hati dan tulang, dan sedikit ditemukan pada sel ginjal, usus dan plasenta
38FREE PSAApabila hasil pemeriksaan total PSA tinggi, disarankan melakukan pemeriksaan free PSA untuk mendapatkan rasio free PSA/total PSA. Free PSA bermanfaat untuk mengukur kadar PSA bebas.
39FREE T3Pemeriksaan FT3 digunakan untuk membantu diagnosa T3 tirotoksis, hipertiroid subklinik, sindrom eutiroid, dan gangguan fungsi tiroid lainnya.
40FREE T4Pemeriksaan FT4 merupakan pemeriksaan sensitif untuk fungsi tiroid. Peningkatan konsentrasi FT4 terlihat pada kondisi hipertiroid, sedangkan penurunan konsentrasi terjadi pada kondisi hipotiroid.
41FSHFolikel Stimulating Hormon (FSH) merupakan salah satu hormon yang dapat mempengaruhi kualitas kesuburan perempuan maupun laki-laki. 
42G6PDEnzim yang melindungi sel darah merah dari efek oksidasi. 
43GAMMA GTEnzim yang banyak terdapat pada jaringan hati, ginjal,  limpa dan pancreas, selain itu dalam jumlah yang lebih kecil dijumpai pada prostat dan otak
44GLUKOSA 2JPPPemeriksaan glukosa yang dilakukan 2 jam setelah selesai makan.
45GLUKOSA PUASAPemeriksaan yang dilakukan dalam keadaan puasa tidak makan dan minum kecuali air putih selama 8-10 jam dan puasa dilakukan sebelum pengambilan sampel darah dan urine.
46GOLONGAN DARAHTerdapat dua golongan darah yang penting yaitu sistem ABO dan Rhesus.
47HAPUSAN DARAHMengevaluasi dan mengidentifikasi sel darah, yang meliputi eritrosit, leukosit, dan trombosit
48Hb ElpPemeriksaan untuk mengidentifikasi berbagai tipe hemoglobin (Hb).
49Hb FHb F merupakan salah satu hemoglobin yang secara normal meningkat pada bayi. 
50HbA1cPemeriksaan yang mengukur jumlah glycated hemoglobin dalam darah.
51HBeAgProtein virus yang dikeluarkan oleh sel yang terinfeksi virus Hepatitis B.
52HBsAgProtein yang terdapat pada permukaan ”virus Hepatitis B”
53HEMATOKRITPengukuran volume eritrosit yang dimampatkan dalam 100 ml darah, yang dinyatakan dengan % dari volume darah keseluruhan.
54HEMOGLOBINSuatu senyawa protein dalam sel darah merah,
55HITUNG JENIS LEUKOSITPemeriksaan jumlah relatif / prosentase (%) dari masing-masing jenis sel leukosit. Leukosit terdiri dari 5 jenis, yaitu: Eosinofil, Basofil, Neutrofil, Limfosit dan Monosit.
56HOMA BHoma B adalah suatu penilaian yang digunakan untuk  memperkirakan  fungsi sel ? pankreas berdasarkan  kadar glukosa puasa dan kadar insulin puasa
57HOMA IRHoma IR adalah suatu penilaian yang digunakan untuk  memperkirakan  resistensi insulin berdasarkan  kadar glukosa puasa dan kadar insulin puasa
58HSV-1Infeksi yang ditularkan dari orang ke orang melalui hubungan langsung dengan daerah tubuh yang terinfeksi.
59Ig E TOTALImunoglobulin E (Ig E) merupakan antibodi yang peningkatannya dipengaruhi oleh alergen atau parasit yang masuk  kedalam tubuh.
60IgG Anti DenguePemeriksaan IgG anti Dengue bermanfaat untuk mendeteksi adanya antibodi terhadap infeksi skunder akut dari virus dengue dimana antibodi tersebut dapat bertahan dalam waktu cukup lama.
61IgM ANTI-HAVAntibodi yang dibentuk tubuh sebagai respon akibat masuknya virus Hepatitis A.
62IgM ANTI-HBcAntibodi (immunoglobulin M) subclass dari Anti-HBc yang dibentuk tubuh sebagai respon akibat adanya HBcAg.
63INSULINHormon yang dihasilkan dan disimpan oleh sel beta pankreas. 
64KALIUMSalah satu dari elektrolit darah, merupakan molekul bermuatan positif (kation). 
65KALSIUM TOTALKalsium merupakan suatu mineral yang paling umum dan penting bagi tubuh yang berfungsi untuk pembentukan dan perbaikan tulang dan gigi, membantu kerja saraf dan pembekuan darah, serta kerja jantung. 
66KLORIDAKlorida adalah elektrolit/ion yang bermuatan negatif, yang bekerja dengan elektrolit lain seperti natrium, kalium, dan bikarbonat (jumlah CO2), membantu mengatur jumlah cairan dalam tubuh dan menjaga keseimbangan asam-basa (pH).
67KOLESTEROL HDLSalah satu lipoprotein (ikatan protein dengan sejumlah kolesterol), sering disebut kolesterol “baik” karena berfungsi mengambil kelebihan  kolesterol dari pembuluh darah atau jaringan lain, kemudian membawanya ke hati untuk  dibuang.
68KOLESTEROL LDL DIREKSatu lipoprotein yang mengangkut kolesterol dalam darah, sering disebut kolesterol “jahat” karena berfungsi mengangkut kolesterol dari hati menuju pembuluh darah / jaringan perifer untuk pembentukan membran sel.
69KOLESTEROL TOTALZat yang penting bagi kehidupan, antara lain untuk membentuk membran sel di semua organ, membuat hormon pertumbuhan dan reproduksi, membentuk asam empedu yang diperlukan untuk menyerap nutrisi dari makanan, dll.
70KREATININ KLIRENSMerupakan limbah dari hasil penguraian kreatin fosfat, suatu sumber energi untuk otot. 
71KREATININProduk limbah yang dihasilkan di otot dari pemecahan kreatin fosfat
72KULTUR BTAPemeriksaan untuk mengetahui ada tidaknya bakteri Mycobacterium tuberculosa dalam sampel. 
73KULTUR DARAHPemeriksaan untuk mengetahui atau mengidentifikasi bakteri penyebab bakteremia dan septisemia yang terdapat dalam darah.
74KULTUR DIPHTERIPemeriksaan untuk mengidentifikasi kuman Corynebacterium diphteriae yang dapat menyebabkan infeksi pada saluran pernapasan.
75KULTUR FAECESPemeriksaan untuk mengidentifikasi bakteri penyebab infeksi pada saluran pencernaan
76KULTUR GALLPemeriksaan untuk mengidentifikasi kuman penyebab bakteremia dan septisemia khususnya Salmonella typhi dan Salmonella paratyphi yang terdapat pada sampel darah
77KULTUR GOPemeriksaan untuk mengetahui ada tidaknya kuman Neiseria gonorrhoea dalam sampel yang menyebabkan infeksi pada alat kelamin.
78KULTUR URINEPemeriksaan untuk mengetahui bakteri penyebab Infeksi Saluran Kencing (ISK).
79LAJU ENDAP DARAH (LED)Mengukur kecepatan mengendapnya sel darah merah (eritrosit) dari suatu sampel darah yang ditempatkan dalam tabung tertentu pada posisi vertikal.
80LEUKOSITSel yang diproduksi dalam sumsum tulang dan berfungsi untuk melindungi tubuh terhadap infeksi.
81LIPASESalah satu dari enzim yang dihasilkan oleh pankreas dan disekresi melalui saluran pankreas ke dalam duodenum (usus duabelas jari) untuk membantu mencerna trigliserida (lemak) menjadi asam lemak.
82Lp(a)Lipoprotein (ikatan lemak dengan protein) yaitu ikatan molekul LDL dengan apolipoprotein (a).
83MIKROALBUMINPemeriksaan mikroalbumin urine bermanfaat untuk mengukur kadar albumin dalam urine. 
84NARKOBANarkoba adalah nama umum dari Psikotropika dan Narkotika.
85NATRIUMSalah satu dari elektrolit darah, merupakan molekul bermuatan positif (kation).
86NSENeuron Specific Enolase (NSE) merupakan isoenzim glikolitik enolase yang dapat digunakan sebagai sarana diagnosis dan pemantauan terapi Small Cell Lung Carcinoma (SCLC).
87PAKET MALARIAPaket malaria terdiri dari pemeriksaan malaria dengan menggunakan metode Immunochromatogrphy Test (ICT) dan preparat malaria
88PLASMA PROTHROMBIN TIME (PPT)Pemeriksaan untuk melihat adanya gangguan faktor pembekuan darah pada jalur Ekstrinsik
89PLATELET FUNCTION TEST (PFT)Bermanfaat untuk menentukan respons dan resistensi tubuh  terhadap obat Clopidogrel atau Aspirin (terapi anti platelet)
90PREPARAT BTAPemeriksaan untuk mengetahui adanya Bakteri Tahan Asam dalam sampel dan bakteri tahan asam akan tetap terwarnai meski dalam keadaan asam
91PREPARAT DIPHTERIPemeriksaan untuk mengidentifikasi dan memperjelas granula pada bakteri Corynebacterium diphteriae pada sediaan langsung
92PREPARAT GOPemeriksaan untuk mengetahui ada tidaknya infeksi bakteri Neisseria gonorhoe penyebab penyakit GO yang menginfeksi alat kelamin.
93PREPARAT GRAMPemeriksaan untuk mengetahui morfologi bakteri yang terdapat dalam sampel.
94PREPARAT JAMURPemeriksaan untuk mencari hyphae 
95PREPARAT TRICHOMONASPemeriksaan untuk mengetahui ada tidaknya parasit Trichomonas vaginalis yang menyebabkan infeksi  pada alat kelamin atau saluran kemih.
96PROCALCITONINProcalcitonin (PCT) merupakan penanda yang sensitif dan spesifik untuk diagnosis infeksi bakteri yang bersifat sistemik bahkan dapat memperkirakan terjadinya sepsis.
97PROLAKTINProlaktin adalah hormon yang dihasilkan oleh kelenjar hipofisa anterior.
98PSA TOTALTotal Prostate Specific Antigen (tPSA) terdiri dari  PSA bebas dan PSA kompleks yang bertujuan untuk mengukur kadar protein yang dikeluarkan oleh kelenjar prostat.
99RETIKULOSITSel darah merah (eritrosit) yang belum matang yang masih mengandung sisa ribosom dan RNA.
100RUBELLAMerupakan virus yang menyebabkan penyakit German measles yang dalam waktu singkat menyebabkan panas dan kemerahan kulit sementara. 
101Hematologi RutinHematologi rutin atau Complete Blood Count (CBC) adalah tes yang dilakukan untuk mengukur beberapa komponen sel darah
102SEL LESel LE merupakan sel yang pada umumnya ditemukan di darah penderita Lupus erythematosus (LE)
103SGOTEnzim yang ditemukan terutama pada sel hati dan otot jantung, serta dengan kadar lebih rendah ditemukan pada otot rangka, ginjal, pankreas, dan eritrosit.
104SGPTEnzim yang ditemukan terutama pada sel hati, dan sedikit ditemukan pada sel ginjal, jantung dan otot rangka
105SI (SERUM IRON)Zat besi diperlukan untuk pembuatan hemoglobin, yang membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh, berasal / diserap dari makanan kemudian diikat dan diangkut ke seluruh tubuh oleh transferin.
106TB ANTIGENTB Antigen merupakan pemeriksaan laboratorium yang bermanfaat untuk mendeteksi adanya Mycobaterium Tuberculosis (TB Ag) dalam sputum (dahak).
107TES AGREGASI TROMBOSIT (TAT)Tes yang digunakan untuk mengetahui kelainan fungsi trombosit
108TES COOMBS DIREKTes yang digunakan untuk mendeteksi adanya antibodi (imunoglobulin) yang dapat mengikat antigen pada permukaan sel darah merahnya sehingga terjadi kerusakan sel darah merah (hemolisis) secara premature pada kondisi atau penyakit tertentu.
109TES COOMBS INDIREKTes untuk mendeteksi ada tidaknya antibodi pada serum pasien yang menyerang sel darah merah akibat dianggap sebagai benda asing.
110TES KEHAMILAN (ICT)Tes untuk mendeteksi ada tidaknya hormon human chorionic gonadotropin (hCG), yaitu hormon yang dihasilkan oleh plasenta ketika seorang wanita sedang hamil.
111TES KEHAMILAN (SLIDES)Tes untuk mendeteksi ada tidaknya hormon human chorionic gonadotropin (hCG)
112TES REMATIKTes Rematik ini terdiri dari RF (Rheumatoid Factor) dan Anti MCV (Mutated Citrulinated Vimentin).
113TESTOSTERONTerstosteron  merupakan hormon yang diproduksi oleh testis. 
114THIN PREP PAP SMEARThinprep Pap Smear merupakan Pap Smear berbasis cairan yang diproses secara otomatis oleh alat sehingga menghasilkan sediaan yang tipis dan representative.
115TIBCPemeriksaan yang mengukur jumlah besi yang terikat oleh transferin dan secara tidak langsung menggambarkan jumlah transferin dalam darah.
116TOTAL PROTEINPemeriksaan untuk mengukur semua protein yang terdiri dari Albumin dan Globulin
117TOXOPLASMAPemeriksaan untuk mendeteksi adanya antibodi terhadap infeksi parasit yang bernama Toxoplasma gondii yang menyebabkan penyakit yang disebut toxoplasmosis.
118TPHAPemeriksaan TPHA bermanfaat untuk mendeteksi adanya antibodi terhadap Treponema Pallidum yang menunjukkan adanya paparan Treponema Pallidum
119TRANSFERINTransferin merupakan protein yang dihasilkan oleh hati.
120TRIGLISERIDASalah satu jenis lemak yang merupakan sumber energi utama bagi tubuh dan merupakan cadangan energi dalam jaringan adiposa.
121TROMBOSITBagian dari sel darah yang diproduksi dalam sumsum tulang.
122TROMBOTEST OWRENPemeriksaan yang digunakan untuk memantau pengobatan antikoagulan oral pada dosis yang tepat.
123TSHsTyroid Stimulating Hormone (TSH) berfungsi untuk menstimulasi sekresi hormon tiroid yang sangat penting bagi tubuh. 
124UREUMUreum merupakan produk akhir dari metabolisme protein yang disintesis oleh hati dan difiltrasi oleh ginjal.
125URINE LENGKAPPemeriksaan urine yang meliputi Uji Makroskopik, Uji Kimiawi dan Uji Mikroskopik
126VDRLPemeriksaan VDRL bermanfaat untuk mendeteksi adanya antibodi non-Treponema Pallidum yang dapat menunjukkan adanya infeksi akut terhadap Treponema Pallidu
127VISKOSITAS DARAH (VD)Pemeriksaan untuk mengukur kecepatan aliran darah.
128VISKOSITAS PLASMA (VP)Pemeriksaan untuk mengukur kecepatan aliran plasma darah
129VITAMIN B 12Vitamin B12 sangat dibutuhkan dalam produksi sel darah merah.
130WAKTU PEMBEKUANMengukur waktu yang diperlukan darah untuk membeku,
131WAKTU PERDARAHANMengukur lama perdarahan setelah membuat tusukan atau insisi kecil pada permukaan kulit cuping telinga sampai perdarahan berhenti sempurna.
132WIDALMerupakan uji serologi untuk mendeteksi antibodi / aglutinin terhadap kuman Salmonella
133MCVMCV (Mean Corpuscular Volume) merupakan volume rata-rata satu sel darah merah dan dapat dihitung dengan membagi nilai hematokrit (konsentrasi sel darah merah dalam darah) dengan jumlah sel darah merah (Eritrosit) lalu dikalikan 10.
134MCHCMCHC (Mean Corpuscular Hemoglobin Concentration) adalah perhitungan rata-rata konsentrasi hemoglobin di dalam eritrosit, semakin kecil sel, semakin tinggi konsentrasinya.
135MCHMean Corpuscular Hemoglobin/ MCH yaitu jumlah hemoglobin rata-rata yang terkandung dalam tiap eritrosit dan hal ini dapat menentukan kuantitas warna (normokromik, hipokromik, hiperkromik) dari sel darah merah.
Nilai MCH dihitung dengan membagi nilai hemoglobin dengan jumlah sel darah merah.lalu dikalikan 10
136RDWRDW CV adalah variasi ukuran dari volume eritrosit dan merupakan bagian dari hasil tes CBC.
Nilai RDW rendah menunjukkan ukuran sel darah merah yang seragam.
Peningkatan nilai RDW menunjukkan adanya populasi sel darah merah yang bervariasi besar atau kecil (heterogen) yang dapat dijumpai pada anemia defisiensi (zat besi, asam folat, vit B12), anemia hemolitik, anemia sel sabit.Nilai MCH dihitung dengan membagi nilai hemoglobin dengan jumlah sel darah merah.lalu dikalikan 10
137IPFIPF atau Immature Platelet Fraction adalah fraksi platelet yang belum matang yang berada dalam darah perifer yang berguna untuk menilai aktifitas trombopoesis (pembentukan trombosit), sehingga dapat dimanfaatkan untuk membedakan penyebab trombositopenia.
Nilai IPF tinggi menunjukkan produksi trombosit di sumsum tulang normal tetapi terjadi penghancuran trombosit yang berlebihan.
Nilai IPF rendah menunjukkan adanya gangguan pembentukan trombosit di sumsum tulang.
Kadar IPF akan meningkat pada pasien dengue, Autoimmune Thrombocytopenic Purpura (AITP) dan Thrombotic Thrombocytopenic Purpura (TTP)
138IgMIgM diproduksi sebagai respon pertama tubuh terhadap infeksi baru/antigen "non-self" baru dan memberikan perlindungan jangka pendek. IgM akan meningkat selama beberapa minggu dan kemudian menurun karena IgG mulai diproduksi
139IgAIgA merupakan immunoglobulin yang memberikan perlindungan terhadap infeksi di daerah mukosa tubuh seperti saluran pernapasan (sinus dan paru-paru) dan saluran pencernaan (lambung dan usus), serta dalam air liur dan air mata
140IgGIgG merupakan immunoglobulin yang paling banyak jumlahnya dan merupakan antibodi pertama yang terlibat dalam respon imunitas lanjutan
IgG bekerja untuk melindungi tubuh dari infeksi dengan cara mengikat berbagai jenis patogen seperti virus, bakteri, dan jamur.
Keberadaan IgG tertentu pada umumnya diartikan sebagai puncak respon antibodi terhadap antigen.
141GAMMA GLOBULINGamma Globulin (Imunoglobulin) adalah protein yang diproduksi di jaringan limfoid dan berfungsi dalam imunitas yaitu membantu mencegah dan melawan infeksi, dengan cara mengikat zat-zat asing (bakteri atau virus) kemudian dihancurkan oleh sistem kekebalan tubuh.
142PROTEIN ELEKTROFORESISProtein elektroforesis adalah tes yang dilakukan untuk memisahkan protein berdasarkan ukuran dan muatan listriknya dengan membentuk pola karakteristik yang berbeda berdasar lebar band dan intensitas
143THROMBIN TIMEThrombin time (TT) untuk mengukur lamanya waktu sejak ditambahkannya reagen thrombin ke plasma sitrate, sampai terbentuknya bekuan darah pada suhu 37 °C
144RIVALTARivalta tes adalah tes yang digunakan untuk membedakan cairan eksudat dan transudat yaitu dimana Seromucin yang terdapat dalam exudat dan tidak terdapat dalam transudat akan bereaksi dengan asam asetat encer membentuk kekeruhan yang nyata.
145VITAMIN DVitamin D adalah senyawa yang penting untuk pertumbuhan dan pembentukan gigi dan tulang. 25-hydroxy vitamin D adalah bentuk utama yang ditemukan dalam darah
146UIBCUIBC tes untuk menentukan kapasitas cadangan transferin, yaitu, bagian dari transferrin yang belum jenuh yang mengikat besi
147hsCRPCRP / C-reactive protein adalah suatu protein yang dihasilkan oleh hati, terutama saat terjadi infeksi atau inflamasi di dalam tubuh
148TOTAL LIPIDLipid adalah kelompok lemak dan zat lemak yang penting dari sel dan sumber energi.
149SCCSquamous Cell Carcinoma (SCC) adalah antigen antigen diperoleh dari jaringan karsinoma sel skuamosa dari serviks dan digunakan sebagai tumor marker untuk kanker cervix
150CYFRA 21.1Cyfra 21-1 adalah sitokeratin fragmen 19 yang larut dalam serum dan berguna untuk penanda tumor / tumor marker untuk kanker paru.
151ACID HAM TESTes Ham adalah tes untuk mendiagnosis paroxysmal hemoglobinuria nokturnal (PNH), yaitu dengan menempatkan sel darah merah dalam asam ringan untuk melihat kerapuhannya, dimana hasil positif (meningkat RBC kerapuhan) menunjukkan PNH atau kongenital dyserythropoietic anemia
152ASAM ARACHIDONICAsam Arachidonic (Asam arakidonat) adalah golongan asam lemak esensial (dibentuk dari asam linoleat) yaitu golongan asam lemak yang tidak bisa dibentuk oleh tubuh dan harus didapat dari luar (sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian, daging, telur), berperan penting dalam produksi prostaglandin, tromboksan, dan leukotrines, serta sangat diperlukan untuk perkembangan otak bayi.
153PLATELET ACTIVATING FACTOR / PAFPlatelet-activating factor / PAF adalah aktivator fosfolipid yang ampuh dan mediator dari banyak fungsi leukosit, agregasi platelet dan degranulasi, peradangan, dan anafilaksis, serta perubahan permeabilitas pembuluh darah, ledakan oksidatif, kemotaksis leukosit, serta pembesaran metabolisme asam arakidonat di fagosit.
154ANTI THROMBIN 3Anti trombin adalah protein yang diproduksi oleh hati yang membantu mengatur pembentukan bekuan darah dengan cara menghambat beberapa faktor koagulasi untuk mencegah terjadinya trombosis.
155PROTEIN CProtein C dan protein S adalah dua protein dalam darah yang membantu mengatur pembentukan bekuan darah dengan cara menonaktifkan faktor koagulasi tertentu (faktor V dan VIII) yang diperlukan untuk menghasilkan dan membentuk bekuan darah.
156PROTEIN SProtein S dan protein C adalah dua protein dalam darah yang membantu mengatur pembentukan bekuan darah dengan cara menonaktifkan faktor koagulasi tertentu (faktor V dan VIII) yang diperlukan untuk menghasilkan dan membentuk bekuan darah.
157FAKTOR VIIIFaktor VIII adalah suatu glikoprotein (faktor pembekuan) yang dibentuk di sel sinusoidal hati dan membantu membentuk gumpalan darah dan menghentikan perdarahan setelah cedera.
158FAKTOR IXFaktor IX / Plasmokinin adalah faktor pembekuan yang disintesis oleh sel endotelial di hati dan memerlukan vitamin K untuk proses pembuatannya.
159VON WILLEBRAND FAKTORVon Willebrand faktor adalah protein dengan berat molekul besar (megakariosit) yang dibentuk di sel endotel dan berfungsi sebagai protein pembawa F VIII dan melindunginya dari degradasi proteolysis dan berfungsi juga pada proses adhesi trombosit.
160PROTEIN ESBACHMerupakan pemeriksaan kuantitatif untuk menentukan kadar protein albumin dalam urine (proteinuria) dengan metode Esbach, yang ditunjukkan dengan adanya kekeruhan.
161BENCE JONESProtein Bence Jones merupakan protein globulin monoclonal yang berukuran kecil dengan berat molekul antara 22 hingga 24 kDa (kilo Dalton), yang bisa ditemukan dalam darah dan urin.
162GLOBULINGlobulin adalah protein yang diproduksi di hati, kadarnya sekitar 40% dari total protein dalam darah. Protein globulin bisa ditemukan sebagai enzim, antibody (immunoglobulin), hormon, protein pembawa, fibrinogen (pembekuan darah), kolagen (struktur tulang dan tulang rawan),dan berbagai jenis lain.
163
APO EApolipoprotein E (Apo E) adalah protein yang membantu lipid transportasi (lemak dan kolesterol) dalam darah.
164IgE TOTALsuatu antibodi yang diproduksi oleh sel B dan sangat berperan pada reaksi alergi terutama pada hipersensitivitas tipe 1, yaitu berbagai penyakit alergi, seperti asma, sinusitis, rhinitis, alergi makanan, dan tipe tertentu dari urtikaria kronis dan dermatitis atopik.
165BILE ACIDAsam Empedu / Bile Acid adalah asam steroid yang diproduksi oleh hati dan disimpan di dalam empedu. Asam empedu biasa ditemukan dalam bentuk asam kolik dengan kombinasi dengan glisin dan taurin
166ASAM FOSFATAsam fosfat dapat ditemukan dalam berbagai jaringan tubuh, termasuk hati, sel darah merah, sumsum tulang dan trombosit. Namun, enzim ini paling banyak ditemui pada kelenjar prostat berupa isoenzim (atau asam fosfat prostat).
167PAP (PROSTATIC ACID PHOSPHATASE)PAP adalah tes yang digunakan untuk mengukur kadar asam fosfat di prostat
168ALFA-HBDHAlfa-HBDH (alfa hydroxygutiric dehidrogenase) merupakan enzim non sfesifik untuk diagnostic miokard infark yang dapat ditemukan di otak, otot jantung, ginjal, dan sel-sel darah merah.
169LDHLaktat dehidrogenase (LDH) adalah enzim intraseluler yang terdapat pada hampir semua sel yang bermetabolisme, dengan konsentrasi tertinggi dijumpai di jantung, otot rangka, hati, ginjal, otak, dan sel darah merah dan LDH akan melepas hydrogen dari suatu zat serta menjadi katalisator proses konversi laktat menjadi piruvat
170FRUKTOSAMINFruktosamin adalah senyawa yang terbentuk ketika glukosa bergabung dengan protein dalam darah dalam proses yang disebut glikasi.
171BETA 2 MIKROGLOBULINBeta-2 mikroglobulin merupakan protein yang ditemukan pada permukaan sel-sel berinti (mengandung inti) dan berfungsi sebagai bagian dari sistem kekebalan tubuh manusia. Protein ini terdapat di sebagian besar cairan tubuh, dengan tingkat tertinggi dalam darah, tingkat yang lebih rendah dalam cairan tulang belakang dan paling rendah ada dalam urin.
172GLYCATED ALBUMINGlycated Albumin adalah senyawa yang terbentuk ketika glukosa bereaksi dengan protein Albumin dalam darah, dalam proses yang disebut glikasi. Tes ini mengukur kadar Glycated Albumin dalam darah.
173IgE ATOPYAtopy adalah kelainan pada individu dengan kondisi hipersensitivitas yang diturunkan secara genetic untuk menghasilkan imunoglobulin E yang spesifik terhadap paparan alergen.
174IgE MAKANAN ASIAIgE makanan asia merupakan tes antibodi IgE alergen spesifik yaitu tes yang digunakan untuk mengukur kadar IgE spesifik alergen dalam darah terhadap beberapa makanan yang bersifat alergen
175MAGNESIUMMagnesium merupakan mineral yang sangat penting untuk produksi energi, kontraksi otot, fungsi saraf, dan pemeliharaan tulang yang kuat.
176SATURASI TRANSFERINSaturasi transferin adalah perhitungan yang dilakukan dengan hasil tes serum besi dan TIBC atau UIBC.
177PROTEIN ELEKTROPHORESISProtein Elektrophoresis (Protein ELP) adalah metode yang digunakan untuk memisahkan protein berdasarkan ukuran dan muatan listrik menjadi 5 fraksi yang mempunyai pola karakteristik dengan lebar band dan intensitas yang berbeda
178Adenosine Deaminase (ADA) Adenosine deaminase (ADA) adalah protein yang diproduksi oleh sel-sel di seluruh tubuh dan berhubungan dengan aktivasi limfosit, sejenis sel darah putih yang berperan dalam respon imun terhadap infeksi.
179VLDLKolesterol VLDL adalah partikel lipoprotein yang mengandung jumlah tertinggi dari trigliserida. Partikel VLDL yang dilepaskan oleh hati ke dalam darah dan beredar dalam aliran darah, akan diubah menjadi LDL.
180SMALL DENSE LDLSmall Dense LDL merupakan partikel Kolesterol yang paling jahat didalam darah, karena ukurannya yang sangat kecil dan padat, lebih mudah masuk ke lapisan dalam pembuluh darah dan bertahan lama di dalam pembuluh darah, sehingga bersifat lebih aterogenik
181HCV RNAHCV RNA kuantitatif merupakan tes yang digunakan untuk mendeteksi dan mengukur jumlah partikel RNA virus dalam darah.
182HBV DNAHBV DNA (Hepatitis B Virus DNA) merupakan tes yang digunakan untuk mendeteksi dan mengukur virus Hepatitis B dengan mencari potongan-potongan HBV DNA dalam serum.
183HPV DNA GENOTYPINGHPV DNA genotyping (Human Papilloma Virus DNA) merupakan tes yang digunakan untuk mendeteksi kanker servix (mulut rahim) dengan mencari potongan-potongan DNA HPV di sel-sel serviks dengan metode PCR (Polymerase Chain Reaction)
184TROPONINMerupakan kompleks protein otot globuler dari pita I yang menghambat kontraksi dengan memblokade interaksi aktin dan myosin. Apabila bersenyawa dengan Ca++ , akan mengubah posisi molekul tropomiosin sehingga terjadi interaksi aktin-miosin. Protein regulator ini terletak didalam apparatus kontraktil miosit dan mengandung 3 sub unit dengan tanda C, I, T.