Meski banyak bahan makanan yang dipantang, tapi banyak pula jenis lainnya yang bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes. Karena itu, penderita diabetes tak perlu bingung. Atau malah was-was ketika hendak mengkonsumsinya.

Berikut satu menu yang bisa diadopsi penderita diabetes. Menu berikut ini sesuai dengan arahan Praktisi pangan dan gizi Parahita Diagnostic Center, Teguh Sebadja STP.
– Nasi cokelat kira-kira 10 sendok
– Tumis sawi hijau
– Ayam goreng/ikan goreng/empal
– Tahu dan tempe

Khusus nasi, Teguh lebih menyarankan konsumsi nasi cokelat daripada nasi dari beras merah.  Alasannya, pada beberapa orang banyak yang tak suka dengan rasa beras merah.  Selain itu, ada kalanya, nasi dari beras merah bisa menyebabkan lambung luka. ”Namun, tak semuanya seperti itu. Banyak yang juga tidak apa-apa,” katanya.

Terkait nilai gizi dan kandungan serat, Teguh menyebut tak beda jauh antara beras merah dan cokelat. ”Yang penting adalah porsinya. Meski makan beras merah, porsinya juga harus dibatasi,” ucap Teguh. ”Bukan berarti lantas penderita diabetes bisa makan dalam porsi besar bila makan nasi merah. Ini anggapan yang salah,” lanjutnya.

Untuk jenis sayuran, laki-laki 35 tahun itu menyebut sayur bayam, sawi hijau, manisa, gambas, da pare sangat bagus untuk penderita diabetes. ”Kalau buah, saya sarankan buah naga putih, semangka kuning, melon hijau, pear hijau dan kuning, golden kiwi, blewah,” ucapnya. Selain jenis makanan yang boleh dikonsumsi, penderita diabetes harus paham jadwal makanan harian.

Bagi penderita diabetes biasanya adalah 6 kali makan. Tiga kali makan besar dan 3 kali selingan. Adapun jadwal waktunya adalah sebagai berikut :
– Makan Pagi (jam 07.00)
– Snack I (jam 10.00)
– Makan siang (13.00)
– Snack II (jam 16.00)
– Makan malam (jam 19.00)
– Snack III (jam 21.00)

Usahakan makan tepat pada waktunya, karena apabila telat makan, akan terjadi hipoglikemia (rendahnya kadar gula darah) dengan gejala seperti pusing, mual, dan pingsan. Patuhi juga jumlah/porsi makanan yang anda konsumsi. Prinsip jumlah makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes adalah porsi kecil dan sering. Artinya makan dalam jumlah sedikit tetapi sering.

Adapun pembagian kalori untuk setiap kali makan dengan pola menu 6 kali makan adalah sebagai berikut :
– Makan Pagi (20%) – maksudnya 20% dari total kebutuhan kalori sehari
– Snack I (10%)
– Makan siang (25%)
– Snack II (10%)
– Makan malam (25%)
– Snack III (10%)

 

Share this...

For emergency cases        +62 31 502 0552

Copyright © 2018 Parahita Diagnostic Center